Tugas akhir TI/TKJ.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pembangunan dunia pendidikan yang selalu mengalami perkembangan pesat seiring dengan laju perkembangan teknologi informasi yang sangat beraneka ragam, diperlukan peningkatan mutu dan mekanisme pelayanan di bidang pendidikan agar lebih berdaya guna dan berhasil guna, sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) yang diciptakan dapat berpartisipasi dalam membangun dunia luar sesuai dengan kemampuannya. Sekolah-sekolah negeri maupun swasta sudah banyak yang menampilkan sistem informasi akademik berbasis Web. Pengelolaan sistem informasi berbasis Web yang telah ada masih perlu di maksimalkan, karena Website hanya dapat di upload melalui browsing di internet, semakin menjamurnya internet di kalangan siswa bukan tidak mungkin sistem informasi akademik dapat dilihat melalui internet karena sudah banyak Warung Internet (Warnet).
Munculnya media internet akan sangat memudahkan dalam pembelajaran sesuatu yang baru, karena dengan mengakses segala informasi yang ada di internet akan menambah pengetahuan kita. Pencarian-pencarian informasi dapat dilakukan melalui media pencarian search engine. Banyak sekali media internet yaitu situs-situs yang memberi fasilitas ini misalnya GOOGLE, YAHOO, MSN dan web hosting sejenisnya. Media pencarian ini akan lebih mudah mendapatkan informasi yang kita inginkan, tidak hanya untuk.
pencarian situs tetapi dapat juga mencari file-file yang ekstensinya dapat di upload atau di download.
SMPN 1 Campaka Kab. Cianjur merupakan Sekolah Menengah Pertama berbasis kompetensi kader bangsa yang berorientasi ke depan dalam membangun bangsa, dengan keunggulan mengoptimalkan bakat para siswa terutama dalam bidang seni dan olahraga. Setiap tahunnya SMPN 1 Campaka Kab. Cianjur meluluskan ratusan siswa, menyiapkan keterampilan bagi tamatan sekolah dalam rangka meneruskan kejenjang keperguruan tinggi atau hidup bermasyarakat. Kelemahan di SMPN 1 Campaka Kab. Cianjur dalam hal menyajikan sistem informasi sekolah dan memonitoring kegiatan siswa masih sederhana, Sistem yang digunakan belum bisa langsung sampai pada Wali murid masih kesulitan apakah anaknya benar-benar masuk sekolah, Wali murid juga masih kesulitan untuk memantau daftar nilai anaknya dari hasil kegiatan belajar disekolah. Untuk itulah penulis memberikan solusi menggunakan program Dreamweaver MX dan Fireworks MX dalam pendisainan web yang diaplikasikan dengan PHP dan MySQL untuk membantu pendataan secara komputasi yang lebih efektif dan efisien.

B. Rumusan Masalah dan Pembatasannya
1. Rumusan Masalah
Permasalahan yang akan dipecahkan dalam kegiatan ini dapat dirumuskan sebagai berikut.
a. Bagaimana cara pembuatan sistem informasi SMPN 1 Campaka Kab. Cianjur berbasis WEB serta pengelolaannya dengan menggunakan program Dreamweaver MX, FireWorks MX, PHP dan MySQL?
b. Bagaimana penyajian informasi sekolah yang meliputi penyajian data siswa, guru, karyawan, mata pelajaran, nilai akhir siswa, data kelas dan absensi siswa.
2. Batasan Masalah
Sistem pada aplikasi ini dibuat untuk pengelolaan informasi data siswa, guru, karyawan, mata pelajaran, nilai akhir siswa, data kelas dan absensi siswa yang digunakan untuk mempermudah siswa dalam memperoleh layanan informasi sekolah.

C. Tujuan dan Manfaat Kegiatan
1. Sesui dengan judul dan identifikasi masalah yang di utarakan sebelumnya,maka maksud dari tujuan penulis adalah membangun system informasi berbasis web di SMPN 1 Campaka – Cianjur dengan memanfaatkan program macromedia Dreamweaver MX dan Fireworks MX dalam pendisainan web yang diaplikasikan dengan PHP dan MySQL untuk membantu pendataan secara komputasi yang lebih efektif dan efisien.
2. Manfaat Kegiatan
a. Mempermudah pengguna secara umum untuk mengetahui tentang informasi SMPN 1 Campaka Kab. Cianjur
b. Mempermudah pengelolaan sistem manajemen sekolah.
c. Meningkatkan minat siswa untuk mempelajari internet dan mencari informasi lain pada situs-situs di internet.
D. Sistematika Tugas Akhir
Secara garis besar Laporan Tugas Akhir ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu pendahuluan, isi, dan penutup.
1. Pendahuluan, terdiri dari halaman judul, abstrak, halaman pengesahan, motto dan persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel dan daftar lampiran.
2. Isi, terdiri dari :
BAB I PENDAHULUAN Bab ini memuat latar belakang masalah, rumusan dan pembatasan masalah, tujuan dan manfaat kegiatan, dan sistematika Tugas Akhir.
BAB II LANDASAN TEORI Pada bab ini berisi teori-teori yang mendukung tentang penyusunan Laporan Tugas Akhir.
BAB III METODE PENELITIAN Bab ini berisi tentang metode-metode dalam pelaksanaan kegiatan yang meliputi ruang lingkup penelitian, penelitian dan cara pengambilan data, langkah perancangan, dan analisis data.
BAB IV HASIL RANCANGAN PEMROGRAMAN Bab ini berisi tahap pengembangan sistem dan pembahasan.
BAB V PENUTUP Bab ini berisi simpulan dan saran. Penutup, terdiri dari daftar pustaka dan lampiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar